PENINGKATAN LITERASI DIGITAL GURU SEKOLAH DASAR MELALUI PELATIHAN PEMANFAATAN APLIKASI PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DI MASA KURIKULUM MERDEKA

Aulia Rahmawati, Rizky Maulana Putra, Dinda Permatasari

Abstract


Kemajuan teknologi informasi menuntut pendidik, termasuk guru sekolah dasar, memiliki kemampuan literasi digital yang memadai untuk menunjang proses pembelajaran abad ke-21. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital guru dalam memanfaatkan aplikasi pembelajaran berbasis teknologi, seperti Google Workspace for Education, Canva, dan Wordwall. Pelatihan dilaksanakan di SD Negeri 03 Sukamakmur, Kabupaten Bogor, selama tiga hari dengan pendekatan workshop dan praktik langsung. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa peserta mengalami peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan penggunaan teknologi untuk kegiatan pembelajaran. Kegiatan ini memberikan kontribusi penting dalam mendukung transformasi digital pendidikan dasar sejalan dengan implementasi Kurikulum Merdeka.

 


Keywords


iterasi digital, guru sekolah dasar, pelatihan teknologi, aplikasi pembelajaran, kurikulum merdeka

Full Text:

PDF

References


Kemendikbudristek. (2023). Survei Nasional Literasi Digital Guru di Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran.

Ng, W. (2012). Can We Teach Digital Natives Digital Literacy? Computers & Education, 59(3), 1065–1078. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2012.04.016

Pratama, Y. A., & Wardani, D. K. (2022). Pelatihan Literasi Digital untuk Guru dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan 4.0. Jurnal Pengabdian Pendidikan Nusantara, 5(1), 45–52. https://doi.org/10.31004/jppn.v5i1.128

Putra, A. D., & Hidayat, A. R. (2022). Kesenjangan Digital dalam Dunia Pendidikan Indonesia: Sebuah Kajian Literatur. Jurnal Teknologi dan Pendidikan Indonesia, 5(2), 112–121. https://doi.org/10.21009/jtpi.052.2022

Wijaya, T. T., Yin, C., & Putra, R. (2021). Teachers’ Digital Literacy and Digital Teaching Competence: A Pathway to Innovative Teaching. International Journal of Education and Development using ICT, 17(2), 38–51.

UNESCO. (2022). Digital Literacy for Educators: Competency Frameworks and Implementation Guide. Paris: United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

Suyatno, S., & Wahyuni, T. (2020). Penguatan Literasi Digital Guru Sekolah Dasar di Masa Pandemi. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 4(2), 110–117.




DOI: https://doi.org/10.31326/jpm-ikp.v7i1.2277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.