PENINGKATAN PENGETAHUAN MITIGASI BENCANA ALAM BAGI SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI EDUKASI DAN SIMULASI DI DAERAH RAWAN GEMPA

Dimas Saputra, Dimas Saputra

Abstract


Indonesia merupakan wilayah yang rawan terhadap berbagai bencana alam, terutamagempa bumi. Rendahnya pemahaman siswa sekolah dasar terhadap mitigasi bencanamenjadi permasalahan penting yang harus segera ditangani. Kegiatan pengabdianmasyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesiapsiagaan siswaterhadap bencana gempa bumi melalui pendekatan edukatif dan simulatif. Programdilaksanakan di SDN 2 Karangreja, Kabupaten Banjarnegara, yang merupakan wilayahzona merah rawan gempa. Metode pelaksanaan meliputi pemberian materi edukatif,pelatihan tanggap darurat, serta simulasi evakuasi gempa. Hasil kegiatan menunjukkanpeningkatan pengetahuan mitigasi sebesar 36% dan respon positif dari siswa serta guru.Kegiatan ini menjadi langkah awal penting dalam membentuk budaya tanggap bencanadi lingkungan sekolah dasar. 

Keywords


mitigasi bencana, gempa bumi, edukasi kebencanaan, simulasi evakuasi, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Badan Nasional Penanggulangan Bencana. (2023). Laporan Tahunan Bencana

Alam Indonesia. Jakarta: BNPB. Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning

and Development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall. Lestari, R., & Darmawan, R. (2023). Simulasi Bencana sebagai Model

Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu

Pendidikan dan Sosial, 5(3), 115–123. Nugraheni, P., & Sari, T. N. (2020). Peningkatan Kesiapsiagaan Bencana Melalui

Pendidikan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar

Nusantara, 6(2), 103–110. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.14082

Rachmawati, Y. (2021). Integrasi Mitigasi Bencana dalam Pembelajaran Tematik

di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 11(1), 45–52. Rofiq, A. (2022). Efektivitas Simulasi Bencana untuk Siswa Sekolah Dasar: Studi

Kasus Mitigasi Gempa di Yogyakarta. Jurnal Kebencanaan

Indonesia, 5(3), 212–223. https://doi.org/10.24815/jki.v5i3.24450

Sudrajat, A., & Fitriyah, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual

terhadap Peningkatan Pemahaman Mitigasi Bencana pada

Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 7(1), 33– 41. https://doi.org/10.12345/jipd.v7i1.2022

Suryani, I., & Utami, S. (2022). Pendidikan Mitigasi Bencana di Sekolah Dasar

Melalui Model Simulasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat

Cakrawala, 6(1), 45–52. https://doi.org/10.24843/jpmc.v6i1.1023

Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan dan Pendidkan Volume 7 No 2 September 2024

United Nations Office for Disaster Risk Reduction (UNDRR). (2021). Global

Assessment Report on Disaster Risk Reduction. Geneva: United

Nations. https://www.undrr.org/publication/global- assessment-report-disaster-risk-reduction-2021

UNDRR (United Nations Office for Disaster Risk Reduction). (2021). Comprehensive School Safety Framework. Geneva: UNDRR. Widodo, S., & Marlina, D. (2020). Pendidikan Bencana untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 99–108. Wulandari, S., & Yulianti, R. (2023). Efektivitas Simulasi Bencana dalam

Meningkatkan Kesiapsiagaan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal

Pendidikan Tanggap Bencana, 2(1), 11–20. https://




DOI: https://doi.org/10.31326/jpm-ikp.v7i2.2279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.