PELATIHAN PEMANFAATAN CANVA DAN GOOGLE DOCS UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN KARYA TULIS ILMIAH SISWA SMP DI PEKANBARU
Abstract
Kemampuan menulis karya tulis ilmiah merupakan keterampilan penting bagi siswa SMP sebagai bagian dari literasi akademik. Namun, siswa umumnya masih kesulitan dalam menyusun tulisan secara sistematis dan menarik. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karya tulis ilmiah melalui pemanfaatan Canva dan Google Docs sebagai media digital. Kegiatan dilaksanakan di SMPN 12 Pekanbaru dan melibatkan 45 siswa kelas VIII. Metode kegiatan terdiri dari penyuluhan, praktik penggunaan aplikasi, dan pendampingan penyusunan karya tulis. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman struktur karya ilmiah dan kemampuan siswa dalam memanfaatkan teknologi untuk mendukung penulisan. Dokumentasi kegiatan memperlihatkan keterlibatan aktif siswa dan guru dalam setiap sesi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fitriani, R., & Zainuddin, M. (2022). Tantangan dan Solusi Pembelajaran Karya Tulis Ilmiah di SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 45–52. https://doi.org/10.1234/jpbsi.v7i1.4567
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2023). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka SMP. Jakarta: Kemendikbud.
Nuryani, E., & Wahyudi, A. (2022). Penguatan Literasi Digital dalam Penulisan Karya Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Literasi Digital dan Pendidikan, 5(1), 23–32.
Rahman, T., Nurhasanah, & Siregar, L. (2023). Pemanfaatan Canva dan Google Docs dalam Pembelajaran Kolaboratif Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Teknologi Pendidikan Digital, 5(2), 88–97. https://doi.org/10.5678/jtpd.v5i2.3345
Setiawan, R., & Putri, A. (2021). Kolaborasi Digital Menggunakan Google Docs dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, 7(2), 99–105.
UNESCO. (2020). Media and Information Literacy: Policy and Strategy Guidelines. Paris: UNESCO Publishing.
Wulandari, T. (2023). Canva Sebagai Media Visualisasi Karya Ilmiah Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Digital, 4(1), 67–75.
DOI: https://doi.org/10.31326/jpm-ikp.v7i2.2282
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




