Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Bioindustri merupakan publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Bioindustri Universitas Trilogi, Jakarta sebagai media penyebarluasan dan pertukaran informasi hasil penelitian atau ulasan ilmiah di bidang:

1. Agroekoteknologi: budidaya pertanian, pemuliaan dan genetika, dan pascapanen

2. Agribisnis: ekonomi pertanian, sosial ekonomi, kebijakan pertanian, pemasaran produk pertanian, penyuluhan dan supply chain

3. Teknologi pangan: kimia pangan, biokimia pangan, rekayasa proses pangan dan mikrobiologi pangan

 

Section Policies

Articles

Unchecked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Daftar Isi

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Cover dan Daftar Isi

Unchecked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Ketua Dewan Editor menugaskan Editor Bagian untuk menelaah naskah yang masuk untuk proses selanjutnya. Hasil penelaahan oleh Editor Bagian menentukan naskah diterima atau ditolak. Setelah melewati tahap ini, Editor Bagian akan meminta setidaknya dua orang mitra bestari untuk menelaah substansi naskah ilmiah yang masuk. 

Komentar dan masukan dari mitra bestari akan menjadi dasar perbaikan bagi penulis naskah. Setelah naskah diperbaiki maka selanjutnya akan dipublikasikan di jurnal ini. 

Proses review dilakukan dengan double blindyaitu identitas penulis dan mitra bestari tidak akan ditampilkan. 

Durasi waktu sejak naskah masuk ke Dewan Redaksi hingga keputusan final untuk pemuatan naskah ke jurnal sekurangnya 24 minggu.

 

Publication Frequency

Jurnal Bioindustri digunakan untuk mempublikasikan artikel ilmiah dalam bentuk jurnal berkala online. Jurnal ini diterbitkan 2 (dua) kali setiap tahunnya yaitu pada bulan Mei dan November.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

 

Archiving

This journal utilizes the LOCKSS system to create a distributed archiving system among participating libraries and permits those libraries to create permanent archives of the journal for purposes of preservation and restoration. More...

 

Publication Ethics for Authors

  1. Penulis harus mengisi surat pernyataan orisinalitas bahwa naskah yang dikirimkan adalah asli, tidak pernah diterbitkan sebelumnya, tidak sedang diajukan pada jurnal lain, dan tidak terdapat plagiarime dalam bentuk apapun.
  2. Bertanggungjawab secara kolektif terhadap pekerjaan dan keseluruhan isi naskah.
  3. Jika diperlukan, penulis wajib menyiapkan bukti apapun yang dibutuhkan untuk pembuktian yang berhubungan dengan data dan referensi.
  4. Hak lisensi atas naskah diberikan kepada penulis terkait publikasi, reproduksi, dan distribusi naskah yang sifatnya komersial.

 

Publication Ethics for Reviewers

  1. Bersikap objektif, jujur, independen, dan tidak bias, dan hanya berpihak pada kebenaran ilmiah.
  2. Tidak memanfaatkan artikel yang ditelaah untuk kepentingan pribadi.
  3. Tidak menyebarluaskan artikel yang sedang ditelaah dengan alasan apapun.
  4. Hasil penelaahan mengikuti format yang telah ditetapkan oleh dewan editor dan mengisi surat pernyataan netralitas dalam proses penelaahan.

 

Publication Ethics for Editorial Boards

  1. Membuat panduan penulisan naskah beserta template penulisan yang diperlukan oleh penulis.
  2. Memantau jalannya proses penelaahan naskah terjadi secara objektif dan transparan.
  3. Memastikan dan menjamin bahwa mitra bestari yang dipilih sesuai dengan kompetensi yang dimiliki dan tidak memiliki kepentingan tertentu.
  4. Memastikan semua naskah yang diterbitkan telah melalui penelaahan secara menyeluruh dan dilakukan oleh mitra bestari yang memenuhi kualifikasi.
  5. Memastikan tidak ada naskah yang dimuat dalam jurnal yang melanggar nilai-nilai moral, etika, dan kesopanan, serta terbebas dari plagiarisme.  

 

Author Fees

Penulis artikel ilmiah dikenakan biaya sebesar Rp 100,000 untuk 1 artikel yang dipublikasikan di Jurnal Bioindustri.