Pemahaman Guru PAUD terhadap Perilaku Bullying pada Anak Usia Dini di Kecamatan Bululawang

Yudies Rokhmawati, Rina Wijayanti, Siti Muntomimah

Abstract


Perilaku bullying pada anak usia dini menjadi isu yang perlu mendapatkan perhatian baik dari lingkungan masyarakat maupun dari lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman guru yang kadang menganggap hal tersebut sangat biasa terjadi pada anak usia dini, padahal hal tersebut merupakan salah satu bentuk dari perilaku bullying pada anak usia dini. Oleh karena itu, penting bagi guru PAUD untuk memahami perilaku bullying pada anak usia dini guna mengenali bullying dalam proses pencegahan dan penanganan tindakan bullying pada anak usia dini. Penelitian deskriptif kuantitatif dengan survey ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman guru terhadap perilaku bullying pada anak usia dini di lingkungan sekolah, baik secara verbal, non-verbal dan sosial. Responden dalam penelitian ini adalah semua guru PAUD yang berjumlah 57 guru yang ada di wilayah Gugus 2 Kecamatan Bululawang. Dari hasil penelitian setiap dimensi bullying memberikan informasi terkait kelemahan guru dalam pemahamannya pada bullying pada anak usia dini. Guru PAUD di Kecamatan Bululawang membutuhkan pemahaman dan pendampingan secara komprehensif terutama untuk aspek jenis perilaku dan prosedur penanganan secara terintegrasi.

Keywords


Anak Usia Dini; Bullying; Pemahaman Guru.

Full Text:

PDF Turnitin

References


Aristiani, Nova. Kanzunuddin, M. Fajrie, N. (2020). Perilaku bullying pada anak usia sekolah dasar di desa Gribig Kudus, Jurnal Prakarsa Paedagogia, Vol. 4 No. 2, 166-174, https://doi.org/10.24176/JPP.V4I2.5989

Bete, M.N. Arifin. (2023). Peran guru dalam mengatasi bullying di SMA Negeri Sasitamean Kecamatan Sasitamean, Kabupaten Malaka, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 8 No. 1, 15-25 https://doi.org/10.59098/jipend.v8i1.926

Creswell, J. W., & Guetterman, T. C. (2021). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (6th ed.). Pearson.

Diannita, Annisya. Salsabela, F. Wijati, L. Putri, A.M.S. (2023). Pengaruh bullying terhadap pelajar pada tingkat sekolah menengah pertama, Journal of Education Research, Vol. 4, No. 1, 297-301, https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.117

Fadhilah, R., & Rahmani, N. (2022). Strategi triangulasi data dalam penelitian pendidikan anak usia dini. Jurnal Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 33–45. https://doi.org/10.21009/jpaud.v7i1.2022

Fadilah, N., & Nurjanah, S. (2023). Gaya pengasuhan orang tua dan kecenderungan perilaku agresif anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 12(2), 110–122. https://doi.org/10.31004/jpaudindonesia.v12i2.2023

Firmansyah, F.A. (2021). Peran guru dalam penanganan dan pencegahan bullying di Tingkat sekolah dasar, Jurnal Al Husna, Vol. 2, No. 3, 205-216, https://doi.org/10.18592/jah.v2i3.5590

Haslan, M. M. Sawaludin. Fauzan, A. (2021). Faktor-faktor mempengaruhi terjadinya perilaku perundungan (bullying) pada siswa SMPN se-Kecamatan Kediri Lombok Barat, Civicus: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. 9, No. 2, 24-29, https://doi.org/10.31764/civicus.v9i2.6836

Hidayati, Nurul. (2012). Bullying pada anak: Analisis dan alternatif Solusi, Jurnal INSAN, Vol. 14, No. 1, 41-48, https://journal.unair.ac.id/INSAN@bullying-on-childen--analysis-and-alternative-solution-article-4317-media-8-category-10.html

Longa, Maria.R.M.D, Anggraini, S, Perilaku Bullying pada siswa SMA. Journal on Education, 07(02), https://doi.org/10.31004/joe.v7i2.8145

Najah, Nawalin. Sumarwiyah, Kuryanto, M.S. (2022). Verbal bullying siswa sekolah dasar dan pengaruhnya terhadap hasil belajar, Jurnal Education, Vol. 8, No. 3, 1184-1191, https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.3060

Putri, E.D. (2022). Kasus Bullying di lingkungan sekolah: Dampak dan penanganannya, Jurnal Penelitian, Pemikiran, dan Pengabdian, Vol. 10, No. 2, 24-30, https://doi.org/10.30743/kgr.v10i2.6263

Qomaria, R.S. Astuti, F. (2020). Pelatihan anti bullying mampu meningkatkan pemahaman guru dalam mencegah perilaku bullying, Jurnal Konseling Andi Matapa, Vol. 4, No. 2, 53-61, https://doi.org/10.31100/jurkam.v4i1.382

Rachma, A.W. (2022). Upaya pencegahan bullying di lingkungan sekolah, Jurnal Hukum dan Pembangunan Ekonomi, Vol. 10, No. 2, 241-257, https://doi.org/10.20961/hpe.v10i2.62837

Santoso, D. R., & Dewi, R. K. (2021). Kontribusi lingkungan sosial terhadap perilaku bullying pada anak usia sekolah dasar. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 9(1), 30–42. https://doi.org/10.21009/jpp.v9i1.2021

Sari, H.N, dkk. (2022). Perilaku bullying yang menyimpang dari nilai Pancasila pada siswa sekolah, Jurnal Kewarganegaraan, Vol. 6, No. 1, 2095-2102, https://doi.org/10.31316/jk.v6i1.2922

Sulisrudatin, Nunuk. (2015). Kasus bullying dalam kalangan pelajar – Suatu Tinjauan Kriminologi, Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara Fakultas Hukum Universitas Suryadarma, Vol. 5, No. 2, 57-70, https://doi.org/10.35968/jh.v5i2.109

Yusuf, M., Mulyati, T., & Handayani, N. (2023). Implementasi penguatan karakter anak usia dini melalui pendekatan kolaboratif di lembaga PAUD. Jurnal Pendidikan Karakter Anak, 5(2), 67–79. https://doi.org/10.23887/jpka.v5i2.2023

Yuyarti. (2018). Mengatasi bullying melalui pendidikan karakter, Jurnal Kreatif, Vol. 9, No. 1, 52-57, https://doi.org/10.15294/kreatif.v9i1.16506




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i1.2333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760