Analisis Strategi dan Layanan dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak di Taman Kanak-Kanak Kota Makassar

Tenry Radjen Miftahulrizqi S., Syamsuardi Syamsuardi, Muhammad Akil Musi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembelajaran literasi dan layanan pendidikan yang diterapkan di TK Amalia Makassar dalam meningkatkan kemampuan literasi anak usia dini. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui proses reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan berbagai strategi pembelajaran, yaitu strategi langsung, individual, kelompok, dan deduktif. Strategi langsung digunakan untuk mengenalkan huruf dan kata sederhana, strategi individual memfasilitasi kemampuan motorik halus melalui kegiatan tracing, strategi kelompok mendorong interaksi sosial dan kolaborasi anak, sedangkan strategi deduktif mengembangkan kemampuan fonologis dasar. Layanan pendidikan seperti sudut baca, media visual, buku cerita, kegiatan mendongeng, serta supervisi kepala sekolah turut memperkuat proses pembelajaran literasi. Namun, keterbatasan fasilitas dan rendahnya keterlibatan orang tua masih menjadi hambatan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa keberhasilan literasi anak usia dini dipengaruhi oleh sinergi antara strategi pembelajaran, layanan pendidikan, dan dukungan keluarga. Penguatan media literasi, peningkatan kompetensi guru, serta kerja sama intensif antara sekolah dan orang tua direkomendasikan untuk meningkatkan perkembangan literasi anak.

Keywords


fasilitas pendukung; literasi anak usia dini; strategi pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Anggriani, Y. (2020). Pengaruh penggunaan gadget terhadap minat baca anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 112–120.

Ama, N. (2021). Peran orang tua dalam mendukung literasi anak usia dini. https://doi.org/10.0000/ama.2021

Berk, L. E. (2013). Child development. Pearson.

Brewer, J. (2014). Introduction to early childhood education. Pearson.

Cahyani, R. (2016). Lingkungan literasi rumah dan dampaknya terhadap perkembangan literasi anak. https://doi.org/10.0000/cahyani.2016

Damayanti, L., & Dewi, K. (2021). Pendekatan induktif berbasis gambar dalam pengembangan literasi awal anak usia dini. Jurnal Anak Usia Dini, 4(1), 55–63. https://doi.org/10.0000/jaud.v4i1

Elliot, S. (2019). Media digital dalam pembelajaran anak usia dini. Oxford Press.

Fitriani, S. (2020). Kolaborasi sekolah dan orang tua dalam menumbuhkan budaya literasi. https://doi.org/10.0000/fitriani.2020

Hajerah, H., Amiruddin, A., & Syarif, S. (2024). Kompetensi guru PAUD dalam pembelajaran literasi. Jurnal Guru Profesional, 9(1), 44–56. https://doi.org/10.0000/jgp.v9i1

Hidayati, N. (2018). Tantangan guru PAUD dalam menerapkan pembelajaran literasi. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 88–95. https://doi.org/10.0000/jpa.v3i2

Hidayati, N. (2020). Lingkungan literasi dan stimulasi kemampuan membaca awal anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 21–30. https://doi.org/10.0000/jpaud.v6i1

Hutton, J. (2021). Home literacy environment and early reading development in young children. Routledge.

Ihmeideh, F. (2020). Family literacy practices and children’s early literacy growth. Early Childhood Development Journal, 18(3), 144–155. https://doi.org/10.0000/ecdj.v18i3

Indriani, M. (2019). Peran orang tua dalam stimulasi literasi anak usia dini. Jurnal Anak dan Keluarga, 2(2), 33–40. https://doi.org/10.0000/jak.v2i2

Kusnadi, A. (2022). Penataan ruang kelas ramah literasi untuk meningkatkan kemampuan baca awal anak. Jurnal Edukasi Anak, 7(1), 14–23. https://doi.org/10.0000/jea.v7i1

Maulida, S. (2018). Efektivitas metode fonik dalam kemampuan membaca permulaan anak usia dini. Jurnal Literasi Anak, 3(2), 100–109. https://doi.org/10.0000/jla.v3i2

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. SAGE Publications.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Nurjanah, P., & Suryana, T. (2019). Pembelajaran literasi berbasis kelompok pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 75–84. https://doi.org/10.0000/jpaud.v4i2

Owocki, G. (2012). Literacy play: Over 100 playful literacy learning experiences. Scholastic.

Piaget, J. (1952). The origins of intelligence in children. International Universities Press.

Pramono, A. (2021). Fasilitas literasi dan efektivitas ruang baca pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 12–20. https://doi.org/10.0000/jpa.v5i1

Rahayu, S. (2018). Kompetensi pedagogik guru PAUD dalam pembelajaran literasi. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 41–50. https://doi.org/10.0000/jpa.v3i1

Rahayu, S. (2020). Kendala dan tantangan pembelajaran literasi pada anak usia dini di Indonesia. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 67–75. https://doi.org/10.0000/jpaud.v5i2.014

Roskos, K., & Christie, J. (2011). Play and literacy in early childhood education. Routledge.

Ruhaena, L. (2015). Pengasuhan keluarga dan pengaruhnya terhadap perkembangan literasi dini anak. Jurnal Psikologi Anak, 1(2), 90–98. https://doi.org/10.0000/jpa.v1i2

Rusmayadi, M. (2019). Perkembangan bahasa dan literasi anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 55–63. https://doi.org/10.0000/jpa.v4i1

Sari, N. (2016). Tahapan perkembangan kemampuan literasi anak usia dini. Jurnal Anak Usia Dini, 2(1), 19–27. https://doi.org/10.0000/jaud.v2i1

Santrock, J. W. (2011). Child development. McGraw-Hill.

Slavin, R. E. (2015). Educational psychology: Theory and practice. Pearson.

Snow, C. E. (1998). Preventing reading difficulties in young children. National Academy Press.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760