Analisis Strategi dan Layanan dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak di Taman Kanak-Kanak Kota Makassar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggriani, Y. (2020). Pengaruh penggunaan gadget terhadap minat baca anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 112–120.
Ama, N. (2021). Peran orang tua dalam mendukung literasi anak usia dini. https://doi.org/10.0000/ama.2021
Berk, L. E. (2013). Child development. Pearson.
Brewer, J. (2014). Introduction to early childhood education. Pearson.
Cahyani, R. (2016). Lingkungan literasi rumah dan dampaknya terhadap perkembangan literasi anak. https://doi.org/10.0000/cahyani.2016
Damayanti, L., & Dewi, K. (2021). Pendekatan induktif berbasis gambar dalam pengembangan literasi awal anak usia dini. Jurnal Anak Usia Dini, 4(1), 55–63. https://doi.org/10.0000/jaud.v4i1
Elliot, S. (2019). Media digital dalam pembelajaran anak usia dini. Oxford Press.
Fitriani, S. (2020). Kolaborasi sekolah dan orang tua dalam menumbuhkan budaya literasi. https://doi.org/10.0000/fitriani.2020
Hajerah, H., Amiruddin, A., & Syarif, S. (2024). Kompetensi guru PAUD dalam pembelajaran literasi. Jurnal Guru Profesional, 9(1), 44–56. https://doi.org/10.0000/jgp.v9i1
Hidayati, N. (2018). Tantangan guru PAUD dalam menerapkan pembelajaran literasi. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 88–95. https://doi.org/10.0000/jpa.v3i2
Hidayati, N. (2020). Lingkungan literasi dan stimulasi kemampuan membaca awal anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 21–30. https://doi.org/10.0000/jpaud.v6i1
Hutton, J. (2021). Home literacy environment and early reading development in young children. Routledge.
Ihmeideh, F. (2020). Family literacy practices and children’s early literacy growth. Early Childhood Development Journal, 18(3), 144–155. https://doi.org/10.0000/ecdj.v18i3
Indriani, M. (2019). Peran orang tua dalam stimulasi literasi anak usia dini. Jurnal Anak dan Keluarga, 2(2), 33–40. https://doi.org/10.0000/jak.v2i2
Kusnadi, A. (2022). Penataan ruang kelas ramah literasi untuk meningkatkan kemampuan baca awal anak. Jurnal Edukasi Anak, 7(1), 14–23. https://doi.org/10.0000/jea.v7i1
Maulida, S. (2018). Efektivitas metode fonik dalam kemampuan membaca permulaan anak usia dini. Jurnal Literasi Anak, 3(2), 100–109. https://doi.org/10.0000/jla.v3i2
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Nurjanah, P., & Suryana, T. (2019). Pembelajaran literasi berbasis kelompok pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 75–84. https://doi.org/10.0000/jpaud.v4i2
Owocki, G. (2012). Literacy play: Over 100 playful literacy learning experiences. Scholastic.
Piaget, J. (1952). The origins of intelligence in children. International Universities Press.
Pramono, A. (2021). Fasilitas literasi dan efektivitas ruang baca pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 12–20. https://doi.org/10.0000/jpa.v5i1
Rahayu, S. (2018). Kompetensi pedagogik guru PAUD dalam pembelajaran literasi. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 41–50. https://doi.org/10.0000/jpa.v3i1
Rahayu, S. (2020). Kendala dan tantangan pembelajaran literasi pada anak usia dini di Indonesia. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 67–75. https://doi.org/10.0000/jpaud.v5i2.014
Roskos, K., & Christie, J. (2011). Play and literacy in early childhood education. Routledge.
Ruhaena, L. (2015). Pengasuhan keluarga dan pengaruhnya terhadap perkembangan literasi dini anak. Jurnal Psikologi Anak, 1(2), 90–98. https://doi.org/10.0000/jpa.v1i2
Rusmayadi, M. (2019). Perkembangan bahasa dan literasi anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 55–63. https://doi.org/10.0000/jpa.v4i1
Sari, N. (2016). Tahapan perkembangan kemampuan literasi anak usia dini. Jurnal Anak Usia Dini, 2(1), 19–27. https://doi.org/10.0000/jaud.v2i1
Santrock, J. W. (2011). Child development. McGraw-Hill.
Slavin, R. E. (2015). Educational psychology: Theory and practice. Pearson.
Snow, C. E. (1998). Preventing reading difficulties in young children. National Academy Press.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.
DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2562
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Address
Universitas Trilogi jakarta
Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760



.png)



