Interpretasi Pengalaman Guru tentang Pendidikan Zona Privasi Anak di Kelompok B1 TK Muslimat NU 200 Kureksari Sidoarjo

Adinda Rahma Salsabila, Mukhoiyaroh Mukhoiyaroh, Ratna Pangastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan pengalaman pendidik dalam menumbuhkan konsep zona privasi pada anak usia dini, serta menentukan pendekatan, unsur pendukung, dan hambatan dalam proses pembelajaran tersebut di kelompok B1 TK Muslimat NU 200 Kureksari Sidoarjo. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi Colaizzi, penelitian ini menggali makna subjektif pengalaman guru melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengintegrasikan pendidikan zona privasi melalui strategi pembelajaran konkret seperti lagu, cerita, diskusi, simulasi menolak sentuhan, serta pembiasaan perilaku melalui aturan kelas. Strategi tersebut disesuaikan dengan tahap perkembangan anak sehingga membantu mereka mengenali bagian tubuh pribadi, membedakan sentuhan aman dan tidak aman, serta mengembangkan personal safety skills (recognize-resist-report). Faktor pendukung pembelajaran meliputi keberadaan SOP perlindungan anak, lingkungan belajar yang ramah anak, serta komunikasi dua arah antara guru dan orang tua. Adapun faktor penghambat mencakup persepsi sebagian orang tua yang menganggap materi ini tabu, keterbatasan media edukatif, serta perilaku anak yang masih belum stabil dalam menjaga batas bagian tubuh. Penelitian ini memberikan kontribusi ilmiah dengan menghadirkan perspektif fenomenologis dalam kajian pendidikan seks usia dini.

Keywords


Zona Privasi; Pendidikan Seks; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Afifah, F. N., Miranda, D., & Amalia, A. (2023). Peran Guru Sebagai Mediator dalam Memberikan Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini Usia 4-6 Tahun. 12, 1113–1119.

Bahri H. (2018). Strategi Komunikasi terhadap Anak Usia Dini. Nuansa, XI(1), 51–53. https://ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/nuansa/article/view/1356/1146

Fatimah, E. R. (2021). Konsep Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Komparatif Jean Piaget dan Al-Ghozali ). Jurnal Alayya, 1(1), 1–31.

Fitriani, D., Fajriah, H., & Wardani, D. A. (2021). Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Melalui Buku Lift The Flap “Auratku.” Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 7(1), 33–46. https://doi.org/10.22373/EQUALITY.V7I1.8683

Hanifah, M. F. (2024). Perancangan Buku Ilustrasi Pengenalan Body Boundaries untuk Anak Usia 6 - 9 Tahun. 1–9.

Islamiyati, D., Norlaila, N., & vitriana, B. (2023). Upaya Mencegah Kekerasan Seksual Anak Usia Dini Melalui Peran Orang Tua Dan Lembaga Pendidikan. JURNAL PELANGI, 1(1), 29–35. https://journal.universitasmulia.ac.id/index.php/pelangi/article/view/643

Istiqomah, N., & Maemonah, M. (2021). Konsep Dasar Teori Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Menurut Jean Piaget. Khazanah Pendidikan, 15(2), 151. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10974

Justicia, R. (2016). Program Underwear Rules Untuk Mencegah. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 217–232.

Khairini, N. (2022). Peran Guru Dalam Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Di Tk Qurrota a’Yun Desa Beluk Kabupaten Pemalang.

Lubis, N. A., Siregar, I. R., Telaumbanua, S. M., & Sit, M. (2024). Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Menurut Perspektif Islam (Al-Quran dan Hadis). BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 4(2), 190–206. https://doi.org/10.24952/alathfal.v4i2.13660

Muchaddam, A., Analisis, F., & Madya, L. (2024). Kekerasan pada anak di satuan pendidikan.

Muktaf, Z. M. (2016). Teknik Penelitian Studi Kasus, Etnografi dan Fenomenologi dalam Metode Kualitatif. Jurnal Pendidikan, 3(1), 1–5. https://repository.umy.ac.id/

Muslim, & PS, I. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Muslim 1 , Ihcwan PS. Jurnal Pelangi; Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 02(01), 60–73. http://solo.tribunnews.com/2016/05/23/marak

Nasir, A., Shah, K., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Pendekatan Fenomenologi Dalam Penelitian Kualitatif. 3, 4445–4451.

Novianti, C. A., & Sapitri, R. (2023). Perancangan ilustrasi buku anak tentang bagian tubuh yang bersifat privasi (body boundaries) untuk anak usia 4-6 tahun. Jurnal Rupa Matra: Desain Komunikasi Visual, Seni Grafis Dan Multimedia, 2(1), 1–18. https://journal.iteba.ac.id/index.php/jurnalrupamatra/article/view/185

Prakosa, D. (2006). Menggagas pembelajaran anatomi padakurikulum berbasis kompetensi untukpendidikan kedokteran dasar. Journal Anatomi Indonesia, 01, 47–52.

Pratama, R. S. (2024). Membangun Masa Depan Anak Bangsa : Optimalisasi Komunikasi Orang Dewasa Dalam Pendidikan Kesehatan Reproduksi Untuk Mencegah Risiko Kekerasan Seksual. 9916, 57–66.

Qiptiyah, T. M. (2024). Teori Perkembangan Kognitif Anak (Vygotsky). Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 204–220.

Rohayati. (2020). Konsepsi pendidikan seks pada anak usia dini menurut perspektif islami. Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.

Rohmah, A., Roro, R., Setyowati, N., & Jacky, M. (2023). Facing the Realities of the Modern World: An Approach to Sex Education for Elementary School Children in the Digital Age. Education and Human Development Journal, 8(3), 83–88. https://doi.org/10.33086/EHDJ.V8I3.5470

Rosmini. (2024). Peranan Guru Paud Dalam Tarbiyah Jinsiyah Pada Peserta Didik Kelompok B.

Roza, D. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Urgensi Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam Penyelenggaraan Perlindungan Anak Abstrak. 4(1), 267–273. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.325

Rutledge, P. B., & Hogg, J. L. C. (2020). In‐Depth Interviews. The International Encyclopedia of Media Psychology, September 2020, 1–7. https://doi.org/10.1002/9781119011071.iemp0019

Sari, M., & Andriyani, F. (2020). Cara Guru Dalam Pengenalan Pendidikan Seks pada Anak Usia Dini di TK Kurnia Illahi Kecamatan Rambatan. Child Education Journal, 2(1), 53–60. https://doi.org/10.33086/CEJ.V2I1.1531

Tumangkeng, S. L., & Maramis, J. B. (2022). Kajian Pendekatan Fenomenologi: Literature Review. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 23(1), 14–32.

Valentina, P. N., Indah Prawesti, Ethic Palupi, & Resta Betaliani Wirata. (2024). Pengaruh Edukasi Dengan Anatomical Doll Terhadap Pengenalan Area Privasi Pada Anak Usia Prasekolah. https://jurnal.unar.ac.id/index.php/health/article/view/1886

Wahab, A. H. K. W., Amir, R. A. R., & Natsir, N. N. N. (2024). Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Kepribadian Anak Di Kelurahan Mosso Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. JAPPA: Jurnal Andragogi Pedagogi Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 263–270. https://doi.org/10.26858/JAPPA.V2I1.53095

Wandi, Z. N., & Nurhafizah, N. (2019). Etika Profesi Guru Pendidikan Anak Usia Dini Di Kecamatan Padang Timur Kota Padang. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(4), 33–41. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i4.7453

Yasinta, A. (2025). Peran Guru dalam Mengenalkan Pendidikan Seksual di TKIT Raflesia Depok. 1–23.




DOI: https://doi.org/10.31326/jcpaud.v8i2.2579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Address

Universitas Trilogi jakarta

Jalan TMP Kalibata No.1, RT.4/RW.4, Duren Tiga, Kec. Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760